Persiapan dan Penyerahan Naskah

ASDA Journal adalah publikasi ilmiah dengan akses terbuka dan peer-reviewed yang menerbitkan makalah penelitian asli, ulasan, dan komunikasi singkat yang mencakup dasar dan terapan di bidang manajemen pertanian lahan-kering, manajemen agribisnis, penyuluhan pertanian, sosiologi pertanian, ekonomi pertanian, pembangunan pertanian, pemasaran pertanian, komunikasi pertanian, penyuluhan pertanian, pembangunan pedesaan, rantai pasok dan logistik pertanian.  Jurnal akan diterbitkan oleh Pusat Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Setiap naskah akan ditinjau oleh Dewan Redaksi dan setidaknya dua peer-reviewer yang identitasnya akan dirahasiakan. Berdasarkan komentar dari reviewer, Dewan Redaksi dan Pemimpin Redaksi akan membuat keputusan atas naskah. Dewan Redaksi berhak meminta penulis untuk merevisi naskah sebelum dikirim kembali ke reviewer.

UNDUH PANDUAN PENULIS

PENGIRIMAN MANUSKRIP

  1. FORMAT BERKAS. Naskah harus diserahkan dalam dokumen Microsoft Word dan menyebutkan dengan jelas jenis artikel.
  2. COVER LETTER. Penulis harus melampirkan surat pengantar yang menginformasikan kepada editor tentang hasil penelitian yang penting, pernyataan bahwa artikel tersebut tidak sedang diajukan atau telah diterbitkan di jurnal lain. 
  3. Naskah dan surat pengantar harus diserahkan secara elektronik melalui situs ASDA Journal.

JENIS-JENIS MANUSKRIP

  1. Laporan penelitian yang menjawab pertanyaan penelitian tertentu, termasuk metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan yang ditarik dari penelitian. Struktur artikel meliputi Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Referensi. Makalah biasanya tidak boleh melebihi 16 halaman (termasuk tabel dan gambar), tetapi makalah yang lebih panjang dengan manfaat tertentu dapat dipertimbangkan.
  2. Komunikasi Singkat. Laporan penelitian singkat yang biasanya tidak melebihi 10 halaman. Naskah yang dikirimkan harus baru dan menarik minat umum yang luas. Sebuah Komunikasi Singkat harus merupakan laporan singkat dari jalur penelitian independen dan memerlukan struktur laporan yang meliputi Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Diskusi dan Referensi.

PERSIAPAN MANUSKRIP

  1. Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  2. File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  3. Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  4. Naskah harus ditulis dengan Times New Roman 12 pt, spasi 1,5 dan dengan teks rata kiri dalam dokumen Microsoft Word A4. Margin masing-masing sisinya 3 cm.; dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  5. Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

STRUKTUR ARTIKEL

  1. JUDUL HALAMAN (1 halaman tunggal)
  2. ABSTRAK (termasuk kata kunci)
  3. PENDAHULUAN
  4. METODE PENELITIAN
  5. HASIL DAN PEMBAHASAN
  6. KESIMPULAN
  7. UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada)
  8. REFERENSI
  9. Daftar tabel
  10. Daftar Gambar
  11. Bahan pelengkap (jika ada)

DESKRIPSI

  1. JUDUL HALAMAN. Judul halaman terdiri dari judul artikel, nama penulis, alamat institusi masing-masing penulis, penulis korespondensi dan judul pelari. Judul naskah harus jelas dan singkat (maksimal 20 kata). Harap berikan judul pendek (running head), dengan maksimal 40 karakter termasuk spasi. Nama lengkap penulis harus diikuti dengan nomor dan alamat institusi yang diberikan termasuk kota, kode pos dan negara. Penulis korespondensi harus diberi tanda asterisk (*) setelah nama dan alamat telepon/faks dan e-mail yang diberikan.
  2. ABSTRAK. Abstrak berdiri sendiri, tidak lebih dari 250 kata, harus terdiri dari kalimat pengantar, tujuan penelitian, metodologi, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata. Berikan format miring untuk nama spesies (nama Latin).
  3. PENDAHULUAN. Pendahuluan terdiri dari latar belakang penelitian dan dilengkapi dengan referensi yang sesuai dan diakhiri dengan tujuan penelitian.
  4. METODE PENELITIAN. Metode harus mencakup informasi tentang lokasi penelitian, metodologi penelitian dan statistik (analisis data). Penulis harus menjelaskan metodologi dengan jelas dalam urutan kronologis dan memberikan sub-judul. Penulis harus menyatakan pendekatan statistik apa yang digunakan dalam analisis mereka.
  5. HASIL. Menjelaskan hasil penelitian. Data yang sama tidak boleh diberikan dalam tabel dan gambar. Kami juga akan meminta penulis memastikan kecocokan antara tes yang digunakan dan angka yang disediakan dalam teks. Tabel dan gambar harus diletakkan setelah referensi dan pada halaman yang berbeda. Judul tabel diletakkan di atas tabel dan judul gambar diletakkan di bawah gambar.
  6. PEMBAHASAN. Bahaskan hasil penting dan berikan referensi yang sesuai. Bandingkan hasil penelitian dengan penelitian lain yang dipublikasikan. Jika diperlukan, pada akhir pembahasan dapat diberikan implikasi hasil terhadap isu-isu terkait.
  7. KESIMPULAN. Menyimpulkan berdasarkan hasil penelitian dan harus berkaitan dengan tujuan atau pertanyaan penelitian.
  8. UCAPAN TERIMA KASIH. Memberikan ucapan terima kasih atas dana penelitian dan juga orang-orang lain yang telah berkontribusi dalam penelitian.
  9. REFERENSI. Referensi harus terdiri dari minimal 80% dari referensi utama (artikel jurnal) dengan beberapa referensi yang baru diterbitkan dalam tiga tahun terakhir. Dalam teks berjalan, kutipan harus dibuat sesuai dengan contoh berikut.
    • Untuk maksimal dua penulis, berikan nama belakang yang dipisahkan dengan tanda '&'.Untuk lebih dari dua penulis, berikan nama belakang penulis pertama diikuti dengan 'et al.'
    • Sebagai bagian dari kalimat: Rizali (2013), atau Akbar & Buchori (2012).
    • Bila dalam kurung: (Rizali 2013, Akbar & Buchori 2012).
    • Jika referensi akan membutuhkan singkatan penulis yang sama tetapi tahun yang berbeda: Buchori et al. (2012, 2016) atau (Buchori et al., 2012, 2016).
    • Daftar referensi harus dalam urutan abjad sesuai dengan nama belakang penulis. Semua nama penulis dan judul lengkap artikel harus disertakan. Judul jurnal dan berkala harus diberikan secara lengkap.

Kami menyediakan "gaya referensi" untuk EndNote dan Zotero yang dapat diunduh di situs web.

Atikel Jurnal Ilmiah

  1. Grant GG, Langevin D. 1995. Oviposition deterrence, stimulation, and effect of clutch size of Choristoneura (Lepidoptera: Noctuidae) species by extract fractions of host and nonhost foliage. Environmental Entomology 24(6):1656-1663.
  2. Greenberg SM, Sappington TW, Legaspi BC Jr, Liu TX, Setamou M. 2001. Feeding and life history of Spodoptera exigua (Lepidoptera: Noctuidae) on different host plants. Annals of the Entomological Society of America 94(2):566-575.

Buku Teks

  • Bernays EA, Chapman RF. 1994. Host-Plant Selection by Phytophagous Insects. Contemporary Topics in Entomology 2. New York: Chapman and Hall.
  • Hartadi H, Reksohadiprodjo S & Tillman AD. 1993. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Reference book contributions

  • Koh LP, Gardner TA. 2010. Conservation in human modified landscapes. In: Sodhi NS, Ehrlich PR (Eds.), Conservation Biology for All. pp. 236-261. London: Oxford University Press.

Proceeding

  • Hodgson EW, VanNostrand G. 2011. Update on the soybean aphid efficacy program. In: Pringnitz BA (Ed.), The 23rd Annual Integrated Crop Management Conference (Iowa, 30 November - 1 December 2011). pp. 59-62. Iowa: Iowa State University Extension and Outreach.
  • Hartemink AE. 2002. Nutrient Stock and Nutrient Cycling of Follows in the Humid Lowlands of Papua New Guinea, 7th World Congress of Soil Science (Bangkok, 14-21 August 2002). pp. 691-691.

Thesis/Dissertation

  • Hosang MLA. 2004. Interactions between Natural Enemies, Herbivores and Cacao in Palolo Valley, Central Sulawesi. PhD Thesis. Bogor: Bogor Agricultural University.

Website

  • Duke JA. 2012. Handbook of Energy Crops. Available at: http://www.hort.purdue.edu. [accessed 15 February 2018].
  • Chaney WE, Toscano NC, Natwick ET. 2003. UC IPM pest management guidelines: cole crops diamondback moth. Available at: http://www. ipm.ucdavis.edu/PMG/r108301311.html [accessed 19 March 2004].

Biaya Publikasi

  1. Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengiriman untuk berkontribusi pada biaya peninjauan.
  2. ASDA Journal tidak memungut biaya dari Penulis untuk setiap naskah yang masuk.
  3. Biaya Submisi : 0.00 (IDR)
  4. Biaya proses naskah: 0.00 (IDR)
  5. Biaya publikasi naskah: 0.00 (IDR)
  6. Ini berlaku pula untuk setiap tahapan sejak submisi, review, editing, penerbitan, pemeliharaan dan pengarsipan, permintaan akses untuk full text version dari setiap artikel yang telah diterbitkan.
  7. ASDA tidak memiliki Waiver Policy.

TIM REDAKSI