Panduan Penulis

ASDA Journal menerima naskah hasil penelitian, kajian literatur, studi kasus, dan bentuk naskah ilmiah lainnya yang memenuhi kriteria substantif dan teknis terkait topik manajemen pertanian lahan kering, agribisnis, penyuluhan pertanian, sosiologi pertanian, ekonomi pertanian, pembangunan pertanian, pemasaran pertanian, komunikasi pertanian, pembangunan pedesaan, rantai pasok dan logistik pertanian. ASDA Journal menerima submisi naskah dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Semua proses review dan publikasi atas naskah dilakukan berbasis aplikasi OJS.

Penulis harus terdaftar dan memiliki akun sendiri di dalam ASDA Journal sebelum memulai proses submisi naskah. Jika naskah mempunyai lebih dari satu orang Penulis, maka semua Penulis itu harus didaftarkan terlebih dahulu sebelum memulai proses submisi naskah. Satu Penulis yang ditunjuk sebagai Penulis Koresponden harus memastikan telah mendaftarkan email dan alamat resmi korespondensi secara lengkap dan benar.

Penulis harus memastikan bahwa naskah yang dikirim ke ASDA Journal adalah naskah yang belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses penerbitan (atau telah menerima penjelasan dari tim editorial penerbit) di penerbit lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik tautan ini.

Penulis/para Penulis menyetujui bahwa setiap naskah yang disetujui untuk dipublikasikan pada ASDA adalah subyek dari lisensi Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.

Kualitas dari setiap naskah yang dikirim akan di-review oleh editor dan mitra bestari. Editor akan menilai naskah yang diterima mengikuti kriteria berikut ini:

  • Tujuan dan ruang lingkup naskah yang di-submisi telah dinyatakan secara jelas,
  • Metodologi dideskripsikan secara memadai dan menggunakan metodologi yang relevan secara keilmuan,
  • Hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya,
  • Kesimpulan harus didukung oleh data yang ditampilkan,
  • Naskah ditulis dengan baik dan logis.

Setiap naskah yang dikirim akan di-review oleh sekurang-kurangnnya dua orang mitra bestari dengan sistem Double Blind Review. Naskah diterima atau ditolak akan mempertimbangkan aspek berikut ini:

  • Topik naskah sesuai dengan ruang lingkup yang digariskan ASDA Journal,
  • Memenuhi kriteria/standar publikasi terutama yang ditetapkan dalam guideline ini,
  • Kontribusi penelitian terhadap komunitas di manajemen pertanian lahan kering, agribisnis, penyuluhan pertanian, sosiologi pertanian, ekonomi pertanian, pembangunan pertanian, pemasaran pertanian, komunikasi pertanian, pembangunan pedesaan, rantai pasok dan logistik pertanian.

Naskah yang diterima atau ditolak akan diberitahukan kepada Penulis melalui email atau di dalam OJS.