STRATEGI PEMASARAN USAHATANI KOPI ARABIKA FATUMNASI TTS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Krisna Setiawan* , John Tibo Kana Tiri, Rade Sry Rae Mannu Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Keywords:

Strategi pemasaran, kopi arabika Fatumnasi, analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) serta merumuskan strategi pemasaran usahatani kopi Arabika Fatumnasi yang relevan digunakan oleh petani kopi dengan menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian deskriptif dipilih melalui pengumpulan data wawancara mendalam terhadap petani dan aparat pemerintah daerah tentang beragam faktor di lokasi penelitian termasuk tanggapan dan persepsi terhadap usahatani kopi dan berbagai permasalahannya serta faktor teknis/teknologi, faktor sosial, faktor ekonomi dan faktor kelembagaan/kebijakan. Dari hasil analisis grafik SWOT, Kopi Arabika Fatumnasi saat ini menempati Kuadran I, dan strategi pemasaran pada kuadran ini mendukung strategi agresif berdasarkan berbagai peluang dan keunggulan yang dimiliki. Strategi yang harus diterapkan dalam situasi ini adalah mendukung pertumbuhan yang agresif (strategi berorientasi pertumbuhan). Meningkatkan produksi kopi melalui pengembangan teknologi, menjaga kualitas dan keunikan produk kopi asal Fatumnasi NTT, serta meningkatkan kemitraan bersama pemerintah daerah dan memperluas marketing network adalah strategi Strenght-Opportunities (SO) pada Kuadran 1 yang dapat diterapkan oleh kopi arabika Fatumnasi ini.

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Krisna Setiawan* , John Tibo Kana Tiri, Rade Sry Rae Mannu. (2024). STRATEGI PEMASARAN USAHATANI KOPI ARABIKA FATUMNASI TTS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian, 6(1), 102–109. Retrieved from http://ejurnal.politanikoe.ac.id/index.php/psnp/article/view/258