STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMK PANGAN OLAHAN UD. SIMA INDAH
Keywords:
strategi, digital marketing, umk, pangan olahanAbstract
UMK pangan olahan memegang peranan penting dalam perekonomian daerah Nusa Tenggara Timur karena
hingga saat ini kontribusi lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan masih tinggi, mencapai 29,80
persen. Namun dalam era new normal, dimana telah terjadi perubahan perilaku konsumen ke pemanfaatan
teknologi informasi untuk aktivitas pembelian dan transaksi keuangan, maka pelaku bisnis termasuk UMK dituntut
untuk dapat beradaptasi dengan situasi baru tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi
usaha berbasis digital marketing bagi UMK pangan olahan Sima Indah yang didasarkan pada identifikasi potensi
dan tantangan penerapan digital marketing. Penelitian dilakukan sejak September hingga Oktober 2022 dimana
data dikumpulkan melalui observasi dan wancara dengan pelaku bisnis. Dengan menggunakan analisis SWOT,
hasil penelitian menunjukkan bahwa. Sima Indah dengan keterbatasan keterampilan menggunakan fasilitas
teknologi informasi masih dapat menerapkan model pemasaran digital dengan mengoptimalkan sumberdaya
manusia yang dipekerjakan. Dengan positioning pada diagram IV yang menunjukkan perlu dilakukan diversifikasi
model pemasaran, maka strategi jangka pendek yang dapat ditempuh oleh UMK pangan olahan ini adalah
menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan yang telah ada untuk melakukan pemasaran digital.
Dukungan program UMKM digital dari pemerintah pusat merupakan tawaran yang dapat dimanfaatkan oleh
Sima Indah.