Pemasaran Tomat Di Desa Ainiut Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal)
Keywords:
Pemasaran, Tomat, New NormalAbstract
Penelitian ini betujuan untuk (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran tomat di Desa Ainiut, kecamatan Insana, Kabupaten TTU, 2) Untuk mengetahui keuntungan pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran tomat di Desa Ainiut, kecamatan Insana, Kabupaten TTU. Penelitian ini telah di laksanakan pada bulan september 2020. Sistem pengambilan sampel dengan menggunakan metode pupose sampling (sengaja) dengan kriteria yang memproduksi tomat, jumlah sampel yang diambil sebanyak 5 responden dan 6 orang pedagang pengecer dengan menggunakan metode purpose sampling. Hasil penelitian data diketahui bahwa terdapat satu saluran pemasaran yaitu produsen, pedagang, pengecer konsumen akhir. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pengecer adalah : a) Fungsi yang dilakukan oleh produsen adalah fungsi pertukaran (berupa fungsi penjualan dan fungsi pembelian) fungsi penyedian fisik. (berupa fungsi transportasi) fungsi fasilitas (berupa fungsi stadarisasi, pembelanjaan, penangungan resiko dan informasi pasar). b) fungsi yang dilakukan oleh pedagang pengecer adalah fungsi pertukaran (berupa fungsi penjualan dan fungsi pembelian) fungsi penyediaan fisik (berupa fungsi transportasi dan pergudangan) fungsi fasilitas (berupa fungsi standarisasi, pembelanjaan, penangungan resiko dan informasi pasar). margin pemasaran sebesar Rp.1.500,- /kg dengan presentase mergin terhadap harga jual ditingkat produsen sebesar 0,27%.