EKSPLORASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PERIKANAN SEMESTER V TAHUN AJARAN 2024-2025 MELALUI METODE PEMBELAJARAN REALISTIC VOCATIONAL CASE METHOD (RVCM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui metode pembelajaran Realistic Vocational Case Method (RVCM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengutamakan deskripsi holistik, yaitu merinci segala sesuatu yang terjadi selama kegiatan atau skenario tertentu melalui tahap (1) Identifikasi fenomena yang akan diteliti yaitu bagaimana mahasiswa mencapai indikator berpikir kritis dalam memecahkan masalah real di lapangan melalui pembelajaran RVCM, (2). Identifikasi subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Agribisnis Perikanan Jurusan Perikanan dan Kelautan Politani Kupang. Merumuskan hipotesis penelitian yaitu Penerapan Pembelajaran RVCM dapat mengksplorasi kemampuan berpikir Kritis mahasiswa. (3) Pengumpulan data menggunakan lembar kerja siswa, video dan dokumentasi, lembar observasi, dan pertanyaan wawancara. (4) Analisis data secara deskriptif holistik. (5) Interpretasi dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% mahasiswa memiliki keterampilan elementary clarification, 86% Mahasiswa memiliki keterampilan Basic Support, 86,5% mahasiswa memiliki keterampilan Inference, 80,3% mahasiswa memiliki keterampilan Advanced Clarification, dan 78,6% mahasiswa yang memiliki keterampilan Strategi and Tactic.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Case method, Matematika Realistik, pendidikan vokasi