STRATEGI PENINGKATAN ADDED VALUE KOPI ORIGIN TIMOR PADA RANTAI NILAI KOMODITAS KOPI DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Keywords:
Kopi Timor, Rantai Nilai, Nilai TambahAbstract
Kopi Timor di Kabupaten TTS merupakan komoditas perdagangan subsektor perkebunan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan dalam rangka usaha memperbesar pendapatan daerah dan meningkatkan penghasilan pengusaha dan petani. Tujuan penelitian ini adalah 1) Memetakan rantai nilai produk kopi origin Timor; 2) Menetapkan strategi dan kebijakan peningkatan pertambahan ekonomi di setiap rantai nilai produk kopi origin Timor NTT. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sehingga pemetaan rantai nilai dan strategi serta kebijakan peningkatan nilai tambah kopi origin Timor berdasarkan pada hasil survey. Strategi peningkatan added value pada rantai nilai produk olahan kopi origim Timor dapat ditempuh melalui alternatif pilihan tahapan proses olahan produk kopi Timor mulai dari produk red cherry, gabah, green bean, roasted bean, serta penjualan grind coffee. Selanjutnya, untuk meningkatkan daya saing bisnis pada produk olahan komoditas kopi dapat dilakukan dengan strategi kerjasama kolaboratif antara petani kopi origin timor dengan pelaku usaha khususnya gerai/kedai kopi yang ada di Kota Kupang untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi serta strategi pemasaran guna menjamin keberlangsungan serta keunggulan bisnis kopi Timor asal Kabupaten TTS. Penggunaan strategi kolaborasi kerjasama ini berguna untuk meningkatkan stabilitas usaha, nilai benefit, dan nilai ekonomi dari produk kopi origin Timor pada setiap rantai pasok. Strategi peningkatan nilai ekonomi kopi origin Timor ini perlu memenuhi persyaratan antara lain: luas lahan minimal yang harus dimiliki petani agar mencapai keuntungan optimal serta dukungan SDM, sarana dan prasarana dalam tahapan proses pascapanen kopi yang menjamin kualitas green bean yang dihasilkan sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi.