PENGEMBANGAN KEGIATAN EKOWISATA MANGROVE DI OESAPA BARAT MELALUI DIGITAL MARKETING PRODUK OTAK-OTAK

Authors

  • Lebrina Ivantry Boikh, Asriati Djonu, Novi Theresia Kiak, Januaria Orsela Bria, Rico Tenis, Yohana Widya Putri Lahal, Audra Dyfa Tharriesitha Putry Sigit, Priastuti Adangla

Keywords:

Ekowisata Mangrove,Otak-Otak Ikan, Digital marketing,

Abstract

Kawasan Mangrove Oesapa Barat sangat potensial bagi pengembangan ekowisata karena kondisi mangrove
yang sangat unik serta model wilayah yang dapat dikembangkan untuk wisata kuliner makanan, dan digital
marketing demi menarik parawisatawan untuk meningkatkan perekonomian. Pengembangan Kegiatan Ekowisata
Mangrove Di Oesapa Barat Melalui Digital Marketing Produk Otak-Otak bertujuan untuk pemberdayaan
masyarakat dalam meningkatkan pendapatan daerah, pengelolaan pangan lokal ikan, dan meningkatkan
kesejahteraan masyarakat Oesapa Barat. Metode yang digunakan terdiri dari persiapan, pelaksanaan
(pendampingan dan pelatihan) serta monitoring dan Evaluasi. Pendampingan pada mitra dilakukan secara
partisipatif dalam pengelolaan bisnis UMKM sedangkan pelatihan pada mitra terdiri dari diversifikasi produk
(olahan otak-otak ikan) untuk wisata kuliner dan digitalisasi marketing. Monitoring dan evaluasi dilakukan kepada
mitra setelah pelaksaan pelatihan. Hasil evaluasi dilakukan untuk menyelesaikan kendala dilapangan dan
menghasilkan kegiatan sesuai rencana target luaran. Hasil yang di capai adalah terbentuknya 3 (tiga) kelompok
usaha wisata kuline yang memiliki akun media sosial sebagai media marketing otak-otak ikan

Downloads

Published

2024-02-15